Inilah Lima Bidang yang Akan Dilibas Oleh Quantum Computing

By | July 2, 2022
 
Quantum Computing – Quantum computing memiliki komunikasi dasar. Ketika komputer mainframe tersedia dalam skala besar di dunia pendidikan dan perusahaan dapat diakses melalui terminal, maka disebut Terminal. Terminal hanya dapat digunakan untuk komunikasi internal tetapi tidak memiliki kontrol internal.Agar penggunaan komputer mainframe yang relatif mahal menjadi efisien, kembangkan komputer fisik dari kompartemen CPU.
 
Ini dapat menghilangkan periode tidak aktif pada mainframe, memungkinkan pengembalian investasi. Sampai pertengahan 70-an dikenal sebagai RJE Remote Process Entry Home Job. oleh karena itu kami akan membahas tentang quantum computing.
 

Apa Itu Quantum Computing?

Quantum Computing merupakan inovasi dalam teknologi komputasi yang mengadaptasi teori kuantum. Penulisan informasi pada teknologi komputasi yang ada hanya sebatas menggunakan kode biner 1 atau 0 yang dikenal dengan bit. Sementara itu, teknologi komputasi kuantum memungkinkan kode biner 1 dan 0 dibagikan yang cocok dengan qubit. 
Baik bit dan qubit dapat digunakan dalam teknologi komputasi kuantum. Itulah gambaran sederhana dari komputasi kuantum. Pada intinya penggunaan Quantum Computing membuat komputer dapat melakukan tugas-tugas yang sulit atau bahkan mungkin dilakukan dengan menggunakan komputer klasik.
 
Dilihat dari sisi Ilmu Komputer, sebenarnya tidak ada teknologi komputasi kuantum yang benar-benar baru. Teknologi ini telah dikembangkan sekitar tahun 1980-an. Pada hari-hari awal pengembangan, fokus utama komputasi kuantum adalah melakukan tugas-tugas kompleks dengan kekhususan algoritma kompleks.

Apa Saja Bidang yang dilibas Oleh Quantum Computing?

Di berbagai bidang usaha, saat ini semakin banyak tantangan yang harus dihadapi seperti analisis data, logistik dan rantai pasok, serta manajemen risiko. Tantangan ini tidak dapat dilakukan dengan mudah oleh komputer tradisional. Oleh karena itu, penggunaan komputasi kuantum akan memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan.
Berbeda dengan komputer tradisional yang umum digunakan, komputasi kuantum dikatakan memiliki kemampuan yang lebih kuat. Keunggulan komputer kuantum terletak pada jumlah data yang dapat diproses.
Penggunaan komputer kuantum dalam bisnis saat ini masih belum umum, tetapi diam-diam diterapkan ke berbagai industri. Mengutip dari disrupsi, setidaknya ada lima bidang yang saat ini sedang diakselerasi oleh komputasi kuantum.

Farmasi

Dalam metode tradisional menggunakan komputer tradisional, untuk menemukan dan meneliti obat baru membutuhkan waktu bertahun-tahun. Sementara komputer kuantum dapat menjalankan analisis pada molekul yang lebih besar daripada yang dapat ditangani oleh komputer klasik. Ini membuka jalan bagi penemuan obat baru, serta mengganti obat yang ada untuk aplikasi baru.
Perusahaan bioteknologi telah bekerja sama dengan 1QBit, sebuah perusahaan perangkat lunak kuantum, dan Accenture Lab, Biogen untuk menggunakan komputasi kuantum untuk membandingkan dan menganalisis molekul. 
Berbeda dengan metode tradisional, metode kuantum memberikan lebih banyak informasi tentang molekul yang sedang diperiksa. Pemahaman yang lebih besar tentang karakteristik molekul sangat penting untuk wawasan tentang sifat aktifnya, dan dapat mempercepat proses penemuan obat.

Machine Learning

Machine Learning berfungsi untuk menganalisis data dalam jumlah besar, membuat keputusan yang kompleks, analitik prediktif, hingga pemilihan model. Aktivitas seperti itu sangat sulit dilakukan oleh komputer tradisional, tetapi untuk komputer kuantum, ini adalah pekerjaan yang sangat ringan.
Di mana model tradisional pada saat pemilihan memprediksi kemenangan meyakinkan untuk Hillary Clinton, kemampuan kuantum QxBranch mencapai pemahaman yang lebih baik tentang data jajak pendapat, dan memberi Trump peluang lebih tinggi untuk menang.

Layanan Keuangan

Komputasi kuantum juga memiliki potensi besar di sektor jasa keuangan karena kekuatan dan kecepatan pemrosesannya yang meningkat. Secara umum, semakin cepat lembaga keuangan dapat memproses transaksi atau mengambil keputusan, semakin menguntungkan mereka. Salah satu aplikasi utama komputasi kuantum di bidang keuangan adalah perdagangan algoritmik. 
Di sinilah algoritme secara independen memulai perdagangan saham sesuai dengan strategi yang telah ditentukan, melewati kebutuhan akan pedagang manusia yang rentan dan ragu-ragu. Keuntungan lain termasuk penilaian yang lebih akurat tentang bagaimana kinerja portofolio, dan investasi mana yang harus dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan mereka.

Logistik

Menjadi salesman keliling bukanlah pekerjaan mudah. Mereka membutuhkan daftar kota untuk dikunjungi, dan menanyakan rute mana yang terbaik. Pekerjaan menjadi semakin sulit karena semakin banyak kota yang ditambahkan, dan semakin jauh jarak yang harus ditempuh. 
Untuk meminimalkan waktu dan jarak pengiriman serta memaksimalkan keuntungan, perusahaan logistik harus menemukan rute optimal di seluruh sistem yang sangat kompleks. Karena melibatkan berbagai variabel seperti kejadian tak terduga seperti kondisi cuaca, keterlambatan, dan human error. 

Keamanan

Komputer kuantum akan memiliki kemampuan untuk memecahkan banyak metode enkripsi saat ini. Karena itu, perusahaan teknologi, perusahaan, dan pemerintah harus bersaing untuk membuat enkripsi tingkat kuantum juga, beberapa perusahaan sudah melakukan ini.
Enkripsi jaringan tingkat kuantum untuk industri dan pemerintah di seluruh dunia. Pusat Komunikasi Quantum Inggris, kemitraan universitas Inggris, perusahaan swasta dan badan sektor publik, bertujuan untuk menciptakan jaringan kuantum untuk transmisi data dan transaksi yang aman. Pada bulan Januari tahun ini, para peneliti China dan Austria mencapai konferensi video yang dijamin kuantum melalui satelit.
 

Manfaat Menggunakan Komputasi Kuantum

IBM memprediksi Quantum Advantage akan dimulai pada. Saat itu, IBM berencana meluncurkan IBM Quantum Computer berbasis 1121 qubit. Kekuatan yang dapat dihasilkan komputer kuantum berbanding lurus dengan jumlah qubit yang saling terkait. 
Semakin banyak jumlah qubit dalam komputer kuantum, kemampuan menghitung secara bersamaan akan meningkat. Dengan begitu, kemampuan itu bisa dimanfaatkan untuk mengolah data berskala besar atau perhitungan yang super rumit.
Teknologi komputasi kuantum akan sangat membantu para ahli dan ilmuwan di bidang komputer, fisika, kimia, farmasi, dan lain sebagainya. Dengan teknologi ini, mereka dapat menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Adanya komputasi kuantum juga dapat dimanfaatkan oleh lembaga keuangan dalam mencari solusi atas permasalahan yang dialami nasabahnya.
Perangkat Keras quantum computing
 

Komputer kuantum memiliki tiga bagian utama:

Perangkat yang menyimpan qubit
Metode untuk melakukan operasi kuantum (dikenal juga sebagai gerbang kuantum) pada qubit dan mengukurnya
 
Komputer klasik untuk menjalankan program dan mengirim instruksi
Qubit rapuh dan sangat sensitif terhadap gangguan lingkungan. Untuk beberapa metode penyimpanan qubit, unit yang menampung qubit disimpan pada suhu tepat di atas nol mutlak untuk memaksimalkan koherensinya. Jenis rumah qubit lainnya menggunakan ruang hampa untuk membantu menciptakan getaran dan kualitas qubit.
 
Operasi dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode termasuk microwave, laser, dan tegangan, tergantung pada jenis qubit. Komputer kuantum menghadapi banyak tantangan untuk beroperasi dengan benar. 
 

Kesimpulan 

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Quantum Computing merupakan inovasi dalam teknologi komputasi yang mengadaptasi teori kuantum. Penulisan informasi pada teknologi komputasi yang ada hanya sebatas menggunakan kode biner 1 atau 0 yang dikenal dengan bit. 
 
Sementara itu, teknologi komputasi kuantum memungkinkan kode biner 1 dan 0 dibagikan yang cocok dengan qubit.  Demikian artikel yang dapat kami bahas tentang Inilah lima bidang yang akan dilibas oleh quantum computing, sekian semoga bermanfaat.
 

 

 
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.