Cara Membuat CCTV Menggunakan Camera Hp Untuk Keamanan

By | February 24, 2022

CCTV Merupakan kamera pengintai yang dijadikan sebagai alat pengamanan baik rumah, toko, tempat ibadah dan tempat-temat lainnya yang rawan terhadap aksi kejahatan. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan, supaya memudahkan melacak saat terjadi kehilangan barang tentulah dibutuhkan sebuah data yang valid.

Mencari bukti-bukti tersebut tentulah bukan suatu hal yang mudah untuk dikerjakan jika tidak ada bantuan sebuah alat yang dinamakan CCTV. Mahalnya alat CCTV tentu menjadi kendala saat anda hendak memantau sebuah lokasi yang ingin dipasangi kamera pengintai. Teknologi smartphone atau HP sekarang rata-rata sudah dibekali dengan kamera yang cukup memadai yang bisa dimanfaatkan untuk memindai dan merekan tempat tertentu.

Untuk membuat CCTV menggunakan camera HP ternyata tidaklah sesulit yang dibanyagkan jika anda sudah membaca artikel ini dengan teliti dan mempraktekannya dengan benar dan tepat. Membuat CCTV dengan Camera HP juga menjadi pilihan alternatif untuk bisa melakukan pemantauan lokasi yang hendak menjadi sasaran pengintaian.

 

Membuat CCTV Menggunakan Camera Hp
Untuk membuatnya CCTV dengan HP sebaiknya anda harus mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan sehingga saat pembuatan semua perlatan sudah siap dan itu akan mempermudah kerja anda.

Peralatan yang dibutuhkan membuat CCTV dengan Camera HP

  • HP Android dengan Camera yang memadai dan disini saya membuat eksperimen menggunakan Samsung Galakxy J7 Prime.
  • 1 Buah laptop standar sebagai layar pengintai yang menampilkan gambar dari camera HP
  • Kabel data USB yang akan dijadikan sebagai media penghubung antara Laptop dan HP

Ketiga alat yang tertera diatas wajib ada, namun untuk hp sendiri anda juga bisa memanfaatkan atau menggunakan HP lainnya yang tidak terlalu jadul sehingga mudah untuk aplikasinya.

 

Cara Pembuatan Camera CCTV menggunakan Smartphone

  1. Silahkan download aplikasi yang bernama droidcam baik di PC/Laptop maupun di hp android anda di playstore. untuk mempermudah silahkan klik di APK Untuk HP dan silahkan download juga versi Desktop Droidcame Untuk PC.
  2. Setelah Aplikasi terinstall dengan baik pastikan keduanya telah terinstall baik di PC maupun di hp untuk aplikasi droidcame.
  3. Hubungkan Hp anda yang akan dijadikan sebagai camera CCTV ke PC/Laptop menggunakan kabel data dan
  4. Aktifkan Opsi Pengembang yang ada pada hp dan aplikasi debugging untuk bisa memulainya
  5. Tentukan kamera yang hendak dipakai apakah akan menggunakan camera depan atau belakang dengan cara membuka aplikasi Droidcame
  6. Buka Aplikasi Droid Came yang ada di PC/Laptop dan
  7. Pilih start untuk menjalankan aplikasi dan tunggu sampai layar di pc/laptop anda muncul sebuah gambar yang menampilkan hasil dari penangkapan camera hp

Sangat mudah dan simpel bukan, Nah untuk dijadikan sebagai Camera CCTV anda bisa merubah kabel data ukuran pendek ke ukuran yang panjang sesuai dengan kebutuhan supaya lebih fleksibel

Keuntungan Menggunakan Camera CCTV HP Smartphone

  • Harga yang dikeluarkan tidak terlalu tinggi karena sudah memanfaatkan barang yang sudah ada.
  • Proses pembuatan dan pemasangan mudah karena bisa dilakukan sendiri
  • Gambar Video yang dihasilkan sesuai dengan kualitas camera HP

Kekurangan Menggunakan Camera CCTV HP

  • Susahnya mencari kabel data dengan ukuran panjang
  • Battery HP akan cepat habis sehingga sangat merepotkan.
  • Pemantauan tidak bisa dilakukan selama 24 Jam karena sifatnya hanya portable
  • Tidak adanya media penyimpanan video kecuali menggunakan aplikasi semacam screen recorder
  • Kurang Praktis dan efisien

 

Demikian cara Cara Membuat CCTV Menggunakan Camera Hp yang bisa dijadikan sebagai alternatif camera pengintai sederhana.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan tekan tombol share dibawah ini dan beritahu teman yang lainnya, namun jika terdapatkan kekurangan silahkan berikan komentar dibawah ini untuk perbaikan.

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.