Cara Membuat Akun Bisnis di Instagram Lengkap dengan Tutorial

By | February 25, 2022

TreiNEWS.com – Apakah kamu tahu bahwa Instagram adalah jejaring sosial peringkat kedua dengan pengguna aktif setelah Facebook? karena platform ini terus tumbuh dan berkembang dan menurut statistik dari Instagram sendiri terdapat 1 miliar orang menggunakan Instagram setiap bulan dan 500 juta orang menggunakan fitur story Instagram setiap harinya, pada tahun 2019 lalu.

Instagram juga baru-baru ini merilis Varian baru dalam aplikasinya, yaitu Instagram Bisnis, akun yang biasanya personal dapat beralih ke akun bisnis dan profesional, berikut penjelasan tentang akun bisnis instagram :

Akun Profesional Instagram

Karena banyaknya perusahaan, brand dan para pembuat konten yang sudah menggunakan Instagram, Instagram akhirnya memutuskan untuk menambahkan fitur baru mereka yang disebut dengan Akun Profesional Instagram yang dikategorikan menjadi dua tipe, yaitu akun bisnis dan akun pembuat konten. Dibuatnya fitur ini agar pemilik bisnis dan pembuat konten dapat mengoptimalkan platform Instagram mereka untuk menjangkau lebih banyak lagi audiens.

Apa Perbedaan Antara Akun Bisnis Instagram dan Akun Pembuat Konten Instagram ?
Menurut Instagram, akun bisnis (business) dimaksudkan untuk memudahkan pemilik bisnis, seperti brand produk untuk mempromosikan bisnis mereka di Instagram. Sedangkan akun pembuat konten (content creators) ditujukan untuk para selebritas, influencer, atau tokoh publik.

Apa Perbedaan Antara Akun Pribadi dan Akun Profesional di Instagram?

Dari segi penampilan, akun bisnis Instagram atau akun pembuat konten sangat mirip dengan akun pribadi. Hampir tidak ada perbedaan jika Anda hanya melihat sekilas saja. Tetapi ketika Anda meluangkan waktu untuk memeriksa dengan seksama, Anda akan melihat bahwa ada kategori akun yang diletakkan di bawah display nama di bagian bio, dan Anda akan melihat tombol kontak pada akun profesional. Apakah cuma itu saja perbedaannya? Tentu saja tidak dong, ada juga perbedaan lainnya seperti;

Semua statistik yang Anda butuhkan untuk menganalisis keterlibatan Anda dengan audiens Anda di platform dapat ditemukan dalam fitur Instagram Insights.Fitur Insights di Instagram mirip dengan fitur Insights Facebook Anda (Jika Anda memiliki halaman penggemar atau halaman bisnis di Facebook). Jika Anda menggunakan akun profesional, baik akun bisnis Instagram ataupun akun pembuat konten Instagram, Anda akan dapat memiliki akses untuk informasi berikut:

Data tentang pengikut Anda – pertumbuhan pengikut, jenis kelamin, usia, lokasi, dan jam berapa mereka membuka Instagram.
Data pada posting-an mana yang paling populer, berapa banyak orang melihat posting-an Anda, konten mana yang menghasilkan banyak pengikut/ follower, dll.
Interaksi pada Profil – berapa banyak audiens yang mengunjungi profil, berapa banyak orang mengklik tautan bio, email, atau kontak.
Dan masih banyak lagi.

Tombol Call To Action (CTA)
Saya mungkin sudah menyebutkan ini sebelumnya, tetapi tombol CTA yang gunanya sebagai ajakan bertindak ini akan memudahkan audiens Anda untuk melakukan tindakan langsung via email atau via telepon Anda.

Iklan Instagram
Fitur ini mungkin juga disediakan di akun Instagram personal saat ini, tetapi jujur saja, Anda tidak akan begitu bisa mengoptimalkan Instagram untuk bisnis ketika Anda belum mengubahakun personal Anda menjadi Akun bisnis. Jadi, menggunakan fitur promosi dengan iklan instagram lebih disarankan ketika Anda sudah beralih dari akun pribadi ke profesional.

Panduan Lengkap Cara Membuat Akun Bisnis di Instagram

Tanpa diskusi panjang lebar lagi, berikut adalah panduan lengkap cara membuat akun profesional Anda di Instagram hari ini!

1.Buka profil Anda di Instagram dan cari tiga garis di kanan atas profil Anda
Jika Anda belum memiliki akun instagram, silakan buat satu dan ikuti langkah ini setelah selesai.

2. Klik “Pengaturan” atau “Setting”

3. Klik “Akun” atau “Account”

4. Klik “Beralih ke akun profesional”, atau “Switch to professional account”

5. Pilih “Akun bisnis (business) atau pembuat Konten (creators)”

Di langkah kelima ini, Anda dapat menyesuaikan sendiri apakah Anda mau menjadi akun bisnis atau akun creator. Contoh: Jika Anda jualan produk dengan nama brand, mungkin lebih baik untuk mengkategorikan sebagai akun bisnis. Tapi jika Anda mau menjadi influencer, akun pembuat konten mungkin adalah pilihan yang paling tepat.

6. Pilih kategori akun profesional Anda

7. Selesaikan pengaturan dengan mengisi informasi seperti email dan nomor telepon Anda.

8. Hubungkan ke halaman Facebook Anda

Jika Anda tidak memiliki halaman Facebook, Anda harus masuk ke Facebook dan membuat halaman terlebih dahulu untuk akun bisnis Anda. Lalu kembali ke Instagram untuk menghubungkan halaman dengan instagram Anda. Aku bersumpah itu super mudah.

Sekarang Anda hanya perlu meng-upload gambar profil Anda dan mungkin menulis deskripsi menarik di bio Anda. Anda juga dapat mengubah username atau tampilan nama Anda. Setelah itu, jangan lupa untuk memeriksa email Anda untuk memverifikasi hal-hal yang perlu diverifikasi.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.