Cara Install,Registrasi DAPODIK 2022 Secara Online ataupun Offline

By | March 5, 2022

 

TreiNEWS.com – Saat ini sedang banyak yang mencari tutorial bagaimana cara install dan registrasi Dapodik 2022 baik itu via online ataupun offline.

Perlu kalian ketahui aplikasi Dapodik ini sudah ada sejak tahun 2013, dimana setiap setahun sekali aplikasi Dapodik ini selalu diperbarui ke versi update, dan versinya menyesuaikan dengan tahun.

Aplikasi Dapodik banyak sekali manfaat dan kegunaannya yang dirasakan oleh para Guru, karena dengan Dapodik para Guru mendapatkan tunjangan-tunjangan yang memberikan bantuan dalam kehidupan sehari-hari.

Tunjangan tersebut diantaranya seperti profesi, fungsional, khusus dan lain sebagainya. Maka dari itu para Guru harus mengetahui cara penggunaan, update versi terbaru dan bagi yang belum harus tahu cara mendaftar Dapodik.

Nah, pada kesempatan ini disini akan diberikan ulasan lengkap bagaimana cara install dan registrasi Dapodik 2022 dengan benar dan lengkap. Berikut ini langkah-langkah selengkapnya.

Cara Download Aplikasi Dapodik 2022 di PC atau Laptop

Ada banyak yang manfaat kita peroleh jika kita terdaftar di Dapodik, seperti memperoleh beragam jenis tunjangan, bisa mengikuti PPG guru dalam jabatan, berpeluang lolos menjadi guru ASN PPPK, terima gaji dari dana BOS, tercatat di info GTK, hingga meningkatkan kompetensi.

 

Jadi jika kalian profesinya guru, wajib memiliki aplikasi ini. Berikut adalah cara downloadnya:

 
  • Aplikasi hanya bisa diunduh dari situs resmi Dapodik Kemendikbud. Berikut adalah linknya: https://dapo.kemdikbud.go.id/
  • Lalu masuk ke menu ‘Unduhan’
  • Berikutnya muncul link installer
  • Klik ‘Download’. Letaknya ada di bawah link alternatife installer aplikasi Dapodik versi 2022.
  • Selesai.

Cara Menginstall Aplikasi Dapodik 2022 dengan Mudah Tanpa Lama

Apabila kalian adalah pengguna Dapodik lama, dan sebelum ini punya aplikasi Dapodik versi 2021 versi lamannya, segera hapus aplikasi itu.

Kalau tidak dihapus, Dapodik 2022 tidak akan bisa terisntall. Pokoknya pastikan tidak ada aplikasi Dapodik di PC kalian. Wajib dihapus. Setelah Anda hapus aplikasi versi lama, kemudian tinggal pasang saja aplikasi ini.

 

Tapi jika kalian adalah pengguna baru, dan masih baru dalam menggunakan aplikasi ini. Maka kalian bisa mengikuti cara instal aplikasinya berikut:

  • Matikan internet dan apk anti virus.
  • Buka komputer Anda, lalu masuk ke folder file aplikasi
  • Dapodik 2022 tersave.
  • Ekstrak file aplikasi Dapodik 2022
  • Setelah itu klik kanan pada aplikasi, pilih ‘Run as
  • Administrator’
  • Klik ‘Yes’ dan ‘Lanjut’
  • Jika sudah muncul tombol ‘Pasang’ atau ‘Install’, maka klik tombol tersebut dan tunggu sampai aplikasi selesai terpasang.

Cara Registrasi atau Pendaftaran di Aplikasi Dapodik 2022

Jika aplikasinya sudah terpasang, maka buka aplikasi tersebut. Kemudian lakukan pendaftaran. Cara pendaftarannya dengan mengunduh file prefill dulu di situs Dapodik. Lebih lengkapnya berikut adalah caranya:

 
  1. Pertama-tama, masuk ke situs Dapodik. Kita harus memiliki Data Prefill dulu
  2. Di situs itu, kita bisa unduh Data Prefill dengan cara: klik ‘Unduhan’ > klik ‘Data Prefill’ > pilih data prefill dengan provinsi sekolah atau instansi Anda berada
  3. Klik link download data prefil tersebut. Pilih saja salah satu
  4. Lalu masukkan username, kata sandi dan kode registrasi
  5. Klik ‘Generate’
  6. Setelah proses genrate selesai, akan muncul tombol ‘Download’. Klik tombol tersebut
  7. Lalu salin file yang ada di data prefill Anda tadi,
  8. Kemudian tempel file yang Anda salin ke folder prefill Dapodik, begini caranya: masuk ke ‘Data C’ > buka folder prefill_Dapodik > lalu tempel
  9. Setelah itu matikan koneksi internet Anda
  10. Buka aplikasi Dapodik, silahkan Pilih ‘Register Offline’
  11. Masukkan kode registrasi, username dan kata sandi akun Dapodik Anda dan lanjut Klik ‘Registrasi’
  12. Tunggu sampai selesai. Jika sudah, Anda dapat login menggunakan akun Anda tersebut.
  13. Selesai.
 

Nah begitulah beberapa tutorial yang bisa kalian ikuti di TreiNEWS.com dalam melakukan cara download dan install beserta registrasi Dapodik 2022. Semoga bermanfaat, terimakasih.

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.